Cara Menyembelih Hewan Qurban Menurut Syariah

Yulio adi candra | 20.43 | 0 komentar

Cara Menyembelih Hewan Qurban Menurut Syariah - Assalamualaikum sobat blogger, alhamdulillah bisa update lagi. Kali ini saya admin blog ini seperti biasa akan posting, tapi kali ini saya akan posting yang agak serem sedikit yaitu Cara Menyembelih Hewan Qurban dengan benar menurut syariah islam.

Cara Menyembelih Hewan Qurban Dengan Benar (Menurut Syariah)

Hadits dari Ummu Salamah,

عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ؛ قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم ((مَنْ رَأَى مِنْكُمْ هِلاَلَ ذِي الْحِجَّةِ، فَأَرَادَ أَنْ يُضَحِّيَ، فَلاَ يَقْرَبَنَّ لَهُ شَعَراً وَلاَ ظُفْراً))
“Barangsiapa di antara kalian mendapati awal bulan Dzulhijjah,  lalu dia ingin berkurban,  maka janganlah dia mendekati (sengaja menyisihkan) rambut dan kukunya.” 

Qurban adalah hukumnya wajib bagi yang mampu berqurban untuk umat muslim, tapi berqurban hanya boleh dengan hewan yang diternakkan seperti unta, kambing, domba dan sapi. Nah, bagaimana kalau kita qurba sapi liar? Menurut ulama hewan liar tidak boleh di qurbakan hanya hewan-hewan yang diternakanlah yang boleh.


Dan untuk yang berqurban dengan seekor sapi atau unta boleh untuk tujuh orang, nah berikut adalah hadistnya. :

Hadits dari Jabir,

وَعَنْ جَابِرِ بنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: { نَحَرْنَا مَعَ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم عَامَ الْحُدَيْبِيَةِ: الْبَدَنَةَ عَنْ سَبْعَةٍ, وَالْبَقَرَةَ عَنْ سَبْعَةٍ }  رَوَاهُ مُسْلِم
”Kami pernah menyembelih bersama Rasulullah  pada tahun Hudaibiyah seekor unta untuk tujuh orang dan seekor sapi untuk tujuh orang.”

Nah, sebaiknya jika kalian berqurban, sembelih sendiri qurban itu, tapi jika tidak kuat untuk menyembelih atau tidak tau cara menyembelih hewan qurban sebaiknya menyuruh orang yang bisa menyembelih.

Banyak orang yang salah dalam menyembelih hewan qurban. Saat mau menyembelih hewan di banting dan tidak menunggu hewan tenang dulu ini termasuk juga menyiksa hewan qurba, padahal menyiksa hewan tidak di perbolehkan.

Lalu bagaimana Cara menyembelih hewan qurban sesuai syariah islam. berikut ada video bagaimana cara menyembelih hewan qurban tanpa harus membanting hewan qurban.


Demikian mengenai Cara Menyembelih Hewan Qurban Dengan Benar (Menurut Syariah) , semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya. Sebelumnya saya sebagai admin blog ini mengucapkan selamat Idul Adha. Wassalamualaikum.

sumber : http://yyulio.blogspot.com 
sumber artikel :  http://yyulio.blogspot.com/2013/10/cara-menyembelih-hewan-qurban-dengan.html

Category:

About Lovesmotivation.blogspot.com:
Lovesmotivation.blogspot.com adalah blog yang berisi mengenai kata motivasi cerita motivasi dan masih banyak yang menarik disitus ini...

0 komentar