Puasa Ramadan Membuat Manusia Jadi Lebih Baik

Yulio adi candra | 19.31 | 0 komentar


Puasa Ramadan Membuat Manusia Jadi Lebih Baik
Berbahagialah Anda yang kembali berjumpa dengan bulan Ramadan. Bulan yang penuh berkah dan ampunan ini bisa menjadi waktu terbaik untuk memperbaiki diri seutuhnya. Dengan berpuasa dan memperbaiki ibadah selama bulan Ramadan (dan seterusnya), Anda akan mendapat manfaat luar biasa.

Mendekatkan diri pada Allah SWT
Puasa Ramadan akan mendekatkan diri Anda pada Allah SWT, dan membuat Anda menyadari bahwa sesulit apapun masalah yang datang, dengan izin Allah SWT, selalu ada jalan untuk menyelesaikannya.

Kontrol Diri Sendiri
Saat menjalankan ibadah puasa, Anda akan mengontrol diri Anda sendiri. Anda bisa mengatakan "Saya sedang puasa," padahal bisa saja tidak, bisa saja Anda makan diam-diam, bisa saja Anda baru membatin yang buruk tentang orang lain. Maka jadikan puasa Ramadan untuk mengontrol semua kepatuhan pada ajaran Islam.

Sederhana Adalah Keindahan
Di bulan yang suci ini, jangan buat diri Anda menjadi pribadi yang gelap mata saat melihat potongan harga atau membeli sesuatu dengan berlebih-lebihan. Fenomena ini cukup menyedihkan dan banyak terjadi di Indonesia. Sesungguhnya puasa Ramadan mengajarkan kesederhanaan dan saling berbagi pada mereka yang membutuhkan. Kesederhanaan adalah salah satu keindahan dalam Islam.

Selalu Bersyukur
Saat Anda berpuasa, Anda akan semakin menghargai makanan dan minuman, Anda akan semakin menghargai kerja keras untuk memperolehnya. Selain itu, Anda ikut merasakan bagaimana orang yang kekurangan harus menahan lapar, haus, bahkan mengonsumsi makanan tidak layak. Di saat seperti inilah Anda akan semakin belajar bersyukur dan membantu saudara yang membutuhkan.

Mengalahkan Emosi
Mengalahkan rasa lapar dan haus sangat mudah, mengalahkan emosi dan amarah membutuhkan perjuangan yang lebih berat. Kadang bibir tidak bisa dikendalikan, kadang pikiran buruk dan membatin jelek tentang orang lain tercetus begitu saja. Bulan Ramadan bisa menjadi media untuk menahan emosi dan pengendalian diri untuk memperlakukan orang lain lebih baik, sebagaimana Anda ingin diperlakukan.

Toleransi dan Memaafkan
Toleransi dan memaafkan adalah dua hal yang akan Anda pelajari di bulan Ramadan. Memaafkan kesalahan orang lain, sekaligus memaafkan diri sendiri. Toleransi juga harus diberikan pada saudara kita yang tidak menjalankan ibadah puasa. Anda puasa, mereka tidak. Jangan sampai hal itu memancing permusuhan. Jika waktunya mereka makan, biarkan mereka makan. Melihat orang lain makan, Anda seharusnya tidak terpancing, karena sekali lagi, puasa di bulan Ramadan adalah bagaimana Anda mengendalikan diri, bukan berteriak minta dihormati.

Lebih Dewasa dan Bijak
Setelah menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, seharusnya setiap orang menjadi pribadi yang lebih dewasa, yang bisa menjaga tutur kata, yang bisa mengendalikan emosinya di sepanjang waktu, tidak hanya di bulan Ramadan. Maka jadikan bulan Ramadan tahun in sebagai waktu yang tepat untuk menjadi manusia yang lebih baik, tidak sekedar menahan lapar dan haus.

Category: ,

About Lovesmotivation.blogspot.com:
Lovesmotivation.blogspot.com adalah blog yang berisi mengenai kata motivasi cerita motivasi dan masih banyak yang menarik disitus ini...

0 komentar